EVALUASI PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUSLIM WANGTHONG WITTAYA THAILAND
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan metode pembelajaran online selama pandemi Covid-19 di SMA Muslim Wangthong Wittaya, Thailand. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online di institusi tersebut diatur dari Senin hingga Jumat dengan metode E-Learning yang memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan memperdalam pemahaman materi. Namun, terdapat tantangan bagi siswa dengan keterbatasan alat belajar seperti ponsel atau tablet. Peran guru sangat krusial dalam evaluasi pembelajaran di masa pandemi. Guru harus beradaptasi dengan cepat untuk menggunakan alat baru dalam mengatur dan mengevaluasi pembelajaran siswa. Evaluasi daring dilakukan melalui dua jenis penilaian: evaluasi mingguan dengan menggunakan Google Form, serta evaluasi tengah dan akhir semester yang juga dilakukan secara online melalui Google Classroom. Keberhasilan pembelajaran online bergantung pada kerjasama antara guru, siswa, dan fasilitas pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat mampu mengatasi keterbatasan waktu dan sumber daya pendidikan. Meskipun pembelajaran online memudahkan akses materi ajar dan interaksi dengan guru, beberapa kesulitan masih muncul, termasuk tantangan bagi siswa dalam mengakses materi dan alat belajar secara optimal.
Kata Kunci: pembelajaran online, pandemi, e-learning, peran guru, teknologi.
Full Text:
UntitledReferences
Abdusshomad, A. (2020). View of Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. Qalamuna. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/q alamuna.v12i2.407
Ani, R. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Arikunto S., Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan, 1998, hlm.27
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.,hlm 275
Daradjat, Kesehatan Mental, Cet. 10, (Jakarta: Gunung Agung, 1993), hlm. 101
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap /article/view/8503
Harjanto, T., Sumunar, D.S.E.W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan:Studi Kasus Implementas Elok (e-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Proseding Seminar dan Pembekalan Intensive Uji Kompetensi AIPNI Regional VIII 23-24 Februari 2018. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5 (Suppl 1), 24-28. Tersedia di http://nursingjurnal.respati.ac.id/ind ex.php/JKRY/index
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hendro Widodo, M. Pd, Suara Merdeka, 2014
Mohammed Amin Al-Midani (éd.), Les Droits de l’Homme et l’islam.,2010, hlm327
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2006
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students, Dalam Jurnal Wahyu Aji Fatma Dewi, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 1April 2020, hal 56
Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia., hlm 154
Novita Arnesi Dan Abdul Hamid K, Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris, Dalam Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015, Hal. 88
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta. LP3ES, hlm 192
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2010
M. Arifin. (1994). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Dan Penyuluhan Agama.Jakarta: PT Golden Trayon Press.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010) hlm. 249
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Putriyana Permata Sari Kuraesin, Nafis Fahira, Alvina Khurriyatul Afdillah,
Refbacks
- There are currently no refbacks.