PENGARUH GREEN ACCOUNTING DAN CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN : DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Sektor Energi Periode 2018–2022)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Accounting dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Studi ini merespons inkonsistensi hasil penelitian sebelumnya dan terbatasnya studi yang mengintegrasikan keempat variabel tersebut dalam konteks industri energi di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis jalur, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai hubungan antara praktik keberlanjutan perusahaan dan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan literatur akuntansi dan manajemen, serta implikasi praktis bagi perusahaan, investor, dan pembuat kebijakan dalam mengoptimalkan strategi keberlanjutan dan meningkatkan nilai perusahaan di sektor energi Indonesia
Kata kunci : Green Accounting, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Sektor Energi
Full Text:
UntitledReferences
Aguinis, H. (2011). Organizational Responsibility: Doing Good and Doing Well. APA handbook of industrial and organizational psychology, 3. https://doi.org/10.1037/12171-024
Astuti, T., Amyulianthy, R., & Kaniati, R. (2022). Green Accounting, Financial Performance Toward Firm Value. Asian Journal of Accounting and Finance(1), 1-12%V 14. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ajafin/article/view/17839
Benjamin, S. J., & Biswas, P. K. (2022). Does Winning a CSR Award Increase Firm Value? International Journal of Disclosure and Governance, 19(3), 313-329. https://doi.org/10.1057/s41310-022-00142-8
Benlemlih, M., Jaballah, J., & Peillex, J. (2018). Does It Really Pay to Do Better? Exploring The Financial Effects of Changes in CSR Ratings. Applied Economics, 50, 1-19. https://doi.org/10.1080/00036846.2018.1486997
Eisenhardt, K. M. (1989). Agency Theory: An Assessment and Review. The Academy of Management Review, 14(1), 57-74. https://doi.org/10.2307/258191
Freeman, R., Wicks, A., & Parmar, B. (2004). Stakeholder Theory and The Corporate Objective Revisited. Organization Science, 15, 364-369. https://doi.org/10.1287/orsc.1040.0066
Healy, P. M., & Palepu, K. G. (2001). Information Asymmetry, Corporate Disclosure, and The Capital Markets: A Review of The Empirical Disclosure Literature. Journal of Accounting and Economics, 31(1), 405-440. https://doi.org/10.1016/S0165-4101(01)00018-0
Tilt, C. (2010). Corporate Responsibility, Accounting and Accountants. In (pp. 11-32). https://doi.org/10.1007/978-3-642-02630-0_2
UNAIR, E. C. (2021). Universitas Airlangga. https://www.esgi.ai
Zhu, M., Sun, M., Elahi, E., Li, Y., & Khalid, Z. (2023). Analyzing The Relationship between Green Finance and Agricultural Industrial Upgrading: A Panel Data Study of 31 Provinces in China. Sustainability, 15(12).
Refbacks
- There are currently no refbacks.