Implementasi Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Instruction Should Be Student-Centered Oleh Guru PAI di MA Sabrun Jamil Gorontalo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. RefikaAditama.
Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Amin, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(3), 23565225.
Ariansyah, & Arif. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Tata Cara Shalat Wajib Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 Di SMA Negeri 1 Gunung Megang. Jurnal JSK, 4(2), 24-28.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad 21. Jakarta : BNSP.
Bakrun, M. (2018). Penigkatan Proses Pembelajarandan Penialaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Jakarta: Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan Direktoran Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative and mixed Methods Approaches. California: SAGE Publication.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto, & Karim, S. (2019). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gaya Media.
Departemen Agama RI. (2004). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Mekar Surabaya.
Erdogen, M (2019) Century Skills and Learning environment : ELT Student perceptions 18 (6), pp 114-128
Ezmir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, &SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harden, R. M., & Crosby, J. (2000). The Good Teacher is More than a Lecturer-The Twelve Roles of The Teacher. Medical Teacher, 22(4), 334-347.
Hasibuan, A.T., & Prastowo, A (2019) Konsep pendidikan : kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia MAGISTRA : Media pengembangan ilmu pendidikan dasar dan keislaman 10 (1), 26-50.
Hesson, M., & Shad, K. F. (2007). Student Centered Learning Model. American Journal of Applied Sciences, 4(9), 628-636.
Kadir, A., & Arman, A. (2022). Developing a Digital Learning Model Based on Multimedia in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series.
Kember, D. (1997). A Reconceptualisation of The Research into University Academics' Conceptions of Teaching. Learning and Instruction, 7(3), 255-275.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Mardapi, D., & dkk. (2010). Laporan BSNP Tahun 2010. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pedidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mariana, M. (2020). Comparation of Teacher Center Learning and Student Center Learning Approach to Better Understanding in Mining Regulation Study. Jurnal Ilmiah PPSDM GEOMINERBA, 5(1), 1-8.
Meleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moeloek, F. A., & dkk. (2010). Paradigma Pendidikan Anggota BSNP. Jakarta: BNSP.
Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mukminan. (2014). Strategi Menyiasati Pendidikan Abad 21. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial-UNY.
Mulyasa, H. E., & Wardan, A. S. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu'minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad Ke-21 Melalui Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 584-594.
Natawiyaja, R. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas Perundang-Undangan.
Nichols, J. (1999). Konsep dan Prinsip Pokok Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Popham, & Baker. (2005). Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Prasetyo, A. F., & Nuriman, N. (2017). Usability Testing Analysis on The Bana Game as Education Game Design References on Junior High School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 88-94.
Putra, D. M., & Nurlizawati. (2019). Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 139-146.
Rahmah, F. (2020). Upaya Orang Tua dalam Pembimbingan Keagamaan pada Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19 di RT 03 Dusun Bareng Untung Desa Bujak Kecamatan Batukliang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram, 17.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.
RI, U.-U. (2003). Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
RI, U.-U. (2005). Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.
Setiawan, G. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1276-1283.
Triling & Hood (1999) Learning tecknology and Education Reform in The Knowledge age pp. 20-21
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Westwood, P. (2008). What Teacher Need To Now About Teaching Methods. Autralia: Ligare.
Yanto. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Gesi dan SMK Negeri 2 Sragen Kabupaten Sragen) Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.2.1.86-99
Refbacks
- There are currently no refbacks.