Implementasi Pengembangan Bakat dan Ide Kreatif Peserta Didik Madrasah Aliyah Darun Najah Pati Tahun 2023-2024

Irfan Thohari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengembangan bakat dan ide kreatif peserta didik di Madrasah Aliyah Darun Najah Pati. Aspek yang diteliti meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta kendala dan solusi pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan sifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pengembangan bakat dan ide kreatif peserta didik di Madrasah Aliyah Darun Najah Pati meliputi: 1) Perencanaan, berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi : terstruktur dan sangat baik untuk lingkup sekolah yang letaknya di pedesaan dan terbatas fasilitas. 2) Pelaksanaan, berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yang beragam. 3) Evaluasi, berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi : berjalan secara kontinu dan berkelanjutan. 4) Kendala dan Solusi, kendala yang ditemui : fasilitas yang belum ada (solusi madrasah : menyewa/meminjam fasilitas yang belum ada), materi pengembangan yang belum sepenuhnya efektif dan efisien (solusi madrasah : mengirim guru pengampu mata pelajaran terkait untuk mengikuti pelatihan, seminar, workshop), peran wali kelas dalam penjaringan belum maksimal (solusi madrasah : mendorong lebih sering semua guru untuk sama-sama berperan aktif ), serta pengkaderan peserta didik di ISDA-ISDAWATI berjalan lambat (solusi madrasah : lebih intens melakukan pembinaan, pelatihan, serta lebih banyak melibatkan peserta didik untuk terjun langsung dalam kegiatan).

Keywords


madrasah aliyah, pendidikan, pengembangan bakat dan ide kreatif peserta didik

Full Text:

PDF

References


Surah Ar Ruum Dan Ayat 172 Surah Al ‘Araaf). Jurnal Ilmiah Pendidikan Wahana Karya, Vol. 2, No. 1

Ali Mansur & Ridwan. (2022). Karakteristik Peserta didik Generasi Z dan Kebutuhan akan Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 17, No 1, 120-130

Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia- tembus-221-juta-orang

Budiarto. (2013). Ide Kreatif dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Gramedia

Bungin, Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Bungin, Burhan. (2012). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Daryanto. (2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Desi Pristiwanti, et al. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 6

Dwi, Anugrah. (2023). Pengertian dan Fungsi Lembaga Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU, https://fkip.umsu.ac.id/pengertian-dan-fungsi-lembaga-pendidikan/

Fitriyani, Pipit. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7, Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA)

Hidayat. (2015). Manajemen Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/08/154354771/kenali-ciri-ciri- generasi-z-kelebihan-dan-kelemahannya?page=all

Implementatif. Jurnal Pendidikan Pionir, Vol. 6, No. 1

Judrah, Muh (2014). Fungsi-Fungsi Pendidikan dalam Hidup dan Kehidupan Manusia. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Al Qalam, Vol 6, No. 1

Larasati, Citra (2023). Mengenal Lembaga Pendidikan, Fungsi hingga Contoh Formal dan Informal. Medkom.id, https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/PNgyxdok- mengenal-lembaga-pendidikan-fungsi-hingga-contoh-formal-dan- informal

Marisa, Cindy. (2020). Gambaran Motivasi Belajar Pada Peserta didik Generasi Z Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Guidance:Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 17, No. 2, 21- 32

Masduqi, A. (2021). Pengelolaan Program Unggulan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Pesantren. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(01), 01 - 14. Https://Doi.Org/10.47498/Tadib.V13i01.501

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2020). Pengelolaan Sekolah Efektif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, Tajuddin. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 (Tinjauan Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Semangat Ayat

Novi, Fuji Astuti. (2021). Pengertian implementasi menurut para ahli berikut contoh rencananya. Merdeka.com, https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-implementasi-menurut-para- ahli-berikut-contoh-rencananya-kln.html.

Nurhadi. (2018). Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Odysee. (2024). Harus Tahu! Ini 10 Indikator Keberhasilan Pendidikan di Sekolah, https://odysee.education/blog-detail/harus-tahu-ini-10-indikator- keberhasilan-pendidikan-di-sekolah

Pradistya, Reyvan Maulid. (2021). Teknik Triangulasi dalam Pengolahan Data Kualitatif. Dqlab.id, https://www.dqlab.id/teknik-triangulasi-dalam- pengolahan-data-kualitatif

Prastiwi, Mahar. (2022). Kenali Ciri-ciri Generasi Z, Kelebihan dan Kelemahannya. Kompas.com,

Putri, Arum Sutrisni. (2020). Lembaga Pendidikan: Pengertian, Peran dan Fungsi. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/30/200000169/lembaga- pendidikan-pengertian-peran-dan-fungsi

Rahardjo, Mujia. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif (Materi Kuliah Metodologi Penelitian PPs. UIN Maliki Malang). https://uin-malang.ac.id/r/110601/metode-pengumpulan-data-penelitian- kualitatif.html

Rijal, Fakhrul. (2017). Kurikulum Sekolah Unggul : Suatu Evaluasi

Sugiarti, Endang. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia : Mengelola Potensi untuk Keunggulan Kompetitif. Bekasi : PT Dewangga Energi Internasional

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno. (2013). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tohani Entoh. (1980). Materi Perkuliahan Pengembangan Program PNF

Wintara, Satya. (2017). Pentingnya Peran Guru dalam Pengembangan Minat, Bakat dan Kreativitas Peserta didik Melalui Ekstrakurikuler. ResearchGate, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.2.90-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.