Peranan Keluarga dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik di MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dekadensi moral yang akhir-akhir ini marak terjadi di kalangan remaja, khususnya siswa pelajar, yang terlihat dari tingginya angka tawuran, klitih, serta rendahnya akhlak di kalangan mereka. Menyikapi hal tersebut, diperlukan peran keluarga, kerja sama antara wali murid, sekolah, dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang "Peranan Keluarga dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik di MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati". Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan peran keluarga dalam pembangunan karakter peserta didik di MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati serta untuk mengetahui dampak yang timbul akibat peran keluarga dan kerja sama tersebut. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Komite Madrasah, serta wali murid peserta didik MI Silahul Ulum Asempapan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yang mencakup tahapan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga dalam pembangunan karakter peserta didik di MI Silahul Ulum Asempapan dilakukan melalui berbagai pendekatan, antara lain: mensosialisasikan program sekolah yang bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah—yaitu cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas spiritual—membentuk paguyuban orangtua, melakukan pembiasaan-pembiasaan positif, serta menjalin komunikasi yang efektif antara orangtua, sekolah, guru bimbingan konseling, dan guru pamong. Dengan pelaksanaan program-program tersebut, hasil yang diperoleh adalah tingkat pelanggaran tata tertib yang rendah, karakter anak yang semakin baik, serta tercapainya visi dan misi sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid dan Andayani Dian, Pembentukan Karakter Pespektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011).
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, (Jakarta: Raja Grafindo, 2015), Cet. Ke-14.
Agus wibowo & Gunawan, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015).
Agus Zaenul Fitri. Pembentukkan karakterBerbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta, 2020
Ahmad Fauzi Ahmad, “Psikologi Umum”, Pustaka Setia, 2004, Bandung.
Andi Mappiare, 1984 “Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah”, Usaha Nasional, Surabaya.
Bujang Rahman, “Kemitraan Orang Tua dengan Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Progresif, vol 4 no.2 (2 November 2014).
BKKBN, 2017, “Penanaman dan Penerapan Nilai Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga”, Jakarta.
Darosy Endah hyoscyamina, Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak” dikutip dari laman jurnal ilmiah Universitas Diponegoro Semarang : https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/287
Dindin Jamaluddin, Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2013), Cet 1.
Djaman Satori, Aan Komariah, Metodologi penelitian Kualitatif, (Bandung. Alfabeta, 2011).
Ernaawati, Tesis "Bentuk Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Mlati Sleman Yogyakarta" Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Fatkur Rohman “Keluarga Terdidik Dalam Prespektif Pendidikan Islam”,Tesis, Yogyakarta: UII Yogyakarta, 2009.
FJ. Monk, Knoers, AMP, Sri Rahayu Haditono, “Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagiannya” , Cet. 12, Yogyakarta : Gadjah Mada Iniiiiiiversity Press, 1999.
Fuad Ihsan, ‘Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2013
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Akhlak, (Jakarta: Pustaka Al Husna,2003
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta, 2006, Raja Grafindo Perkasa
Imas Kurniasih dan Berlin Sani, Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di sekolah, cet.I (Kata Pena, 2017).
J. Lexi, Moelong,Metodologi Penelitian Kualitatif(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014).
Kristi Wardani.,“Peran Guru dalam Pendidikan Karakter menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”, dikutip dari http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPI- UPSI/2010/Book_2. .diakses pada hari selasa tanggal 15 April 2024 jam 23.00 WIB
Miles, Matthew B, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Edisi Ketiga, (America: Sage Publications, Inc, 2013).
Moh. Kasiram, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: UIN-Maliki Press, 2010).
Mohammad Mustari, Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)
Muhammad Fadho’il “Pengaruh Tripusat Pendidikan Terhadap Karakter Siswa SMP A Ma’rifiyah Tempuran Kabupaten Magelang”, Tesis, Yogyakarta: UII Yogyakarta, 2015.
Muhammad Omar al-Toumy al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam,(terj.) Hasan Langgulung dari buku Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Nasution, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung, 2004
Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori-Aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008.
Saryanto , “Peran Orang Tua dan Guru BP Dalam Membantu Anak Mengembangkan Dasar-Dasar disiplin Belajar pada Siswa MTs Negeri Gubug Rubuh Playen Kabupaten Gunung Kidul Tahun pelajaran 2007/2008”.Tesis. Yogyakarta: UII Yogyakarta 2008,
Shodiq A Kuntoro, “Bahan Workshop: Kemitraan Sekolah,” Makalah disampaikan pada pelatihan Strategi Pengembangan Mutu Sekolah Bagi Pengawas dan Kepala Sekolah, diselenggarakan oleh Prodi S2 Manajemen Pendidikan dan S3 Ilmu Pendidikan Program Pasca Sarjana UNY, Yogyakarta tanggal 7 Agustus 2010
Sri Lestari Yuniarti,Nugroho Eko Prasetyo, Juknis Kemitraan Sekolah Menemgah Pertama dengan Keluarga dan Masyarakat, (Kemendikbud, 2016)
Sri Rumini dan Siri Sundari, Perkembangan Anak dan Remaja (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Cetakan ke-20, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Suharsimi Arikunto,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta,2002) cet. Ke-12..
Sukiman,dkk. Menjadi Orang tua Hebat, Cet. 1, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
Sutopo H.B., Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, (Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2006)
Syekh Imam Jalaluddin Abdurrahman ibnu Abu Bakar as-Suyuthi, Kitab al-Jami’us Shaghir fi Ahadistsil Basyir an-Nadzir, Juz 1, Daru Ihya
Triastuti, Endah, Adrianto, Dimas, Nurul, Akmal, (2017), “Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja”, Puskakom, Fisip Universitas Indonesia.
Ulil Amri Safri, “Pembentukkan Karakter Berbasis Al-Qur’an”, (Jakarta: Rajawali Pers,2012).
Usman Moh. Uzer, 2001, “Menjadi Guru Profesional”, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Wawancara dengan Bapak Abdul Wakhid (Wali Murid) Selasa, 23 Juli 2024, pukul 19.35 WIB.
Wawancara dengan Bapak Ahmad Rojihin (Wali Murid) Rabu, 24 Juli 2024, pukul 09.30 WIB
Wawancara dengan Bapak Dwi Hartono (Wali Murid) Kamis, 25 Juli 2024, pukul 18.40 WIB.
Wawancara dengan Bapak Aly Mas’ad, M.Pd., Ketua Komite Madrasah, pada hari Rabu, 24 April 2024, Jam 10.45 WIB
Wawancara dengan Bapak H. Kusmanto (Wali Murid) hari Sabtu, 27 Juli 2024, pukul 20.10 WIB.
Wawancara dengan Bapak Shofwan (Wali Murid), Kamis, 18 Juli 2024, pukul 10.10 WIB.
Wawancara dengan Bapak Muhammad Hamdan (Wali Murid) Senin, 22 Juli 2024, pukul 18.45 WIB
Wawancara dengan Bapak Selamet (Wali Murid) pada hari Sabtu, 20 Juli 2024, pukul 20.15 WIB
Wawancara dengan Bapak Wartono (Wali Murid) pada hari Rabu, 17 Juli 2024, pukul 08.30 WIB.
Wawancara dengan Ibu Lilik Muawwidah, S.Pd.I., Kepala MI Silahul Ulum, pada hari Senin, 22 April 2024, pukul 09.15 WIB.
Wawancara dengan Ibu Sri Murwati, S.Pd.I., Wakil Kepala Bidang Kurikulum MI Silahul Ulum, hari Selasa, 23 April 2024, pukul 08.35 WIB.
Zakiah Nur Jannah, Mendidik Anak Generasi Muslim Generasi Digital. (Yogyakarta: Pustaka Al Uswah, 2020).
Zakiyah Darajat, Dr, “Kesehatan Mental”, Gunung Agung, Jakarta, 1982.
Zubaedi, (2012), Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Gro
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.1.56-63
Refbacks
- There are currently no refbacks.