Pengaruh Metode Drill dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa

Muhtafina Fina, Sustiana Sustiana, Junaidi Junaidi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode drill dan kompetensi kepribadian guru terhadap kektifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survey. Kuesioner digunakan untuk memberikan daftar pertanyaan kepada responden dengan harapan mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner tersebut kemudian dianalisis menggunakan tehnik analisis regresi linier berganda dengan berbagai uji, uji T, uji F untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini menghasilkan persamaan sebagai berikut : Y = 8.794 + 0.545 + 0.742. pengujian hipotesis menggunakan uji F dengan rumus df2 = 41 – 2 -1 = 38, menghasilkan Fhitung 15.248 > Ftabel yaitu 3.245 dengan taraf signifikasi 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel (X1) metode drill dan (X2) kompetensi kepribadian guru berpengaruh secara stimultan terhadap variabel (Y) keaktifn belajar siswa. Nilai R square sebesar 44,5 % maka dapat diartikan metode drill dan kompetensi kepribadian guru memiliki konstribusi atau pengaruh secara stiultan terhadap keaktifan belajar siswa dengan kategori moderat/ sedang sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Metode Drill, Kompetensi Kepribadian Guru, Keaktifan Belajar Siswa



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v7i1.39733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.