Pengenalan printing 3D dan software Autodesk Fusion untuk guru dan siswa SMK di eks karisidenan Surakarta

Onery Andy Saputra, Sudiro Sudiro

Abstract


Abstrak

Salah satu teknologi yang saat ini mulai dimanfaatkan masyarakat untuk memproduksi komponen yaitu printing tiga dimensi. Printing tiga dimensi merupakan alat bantu membuat komponen otomotif dari desain tiga dimensi menjadi komponen nyata. Kebermanfaatan alat printing 3 dimensi ini ke depan sangat besar, pada saat membutuhkan komponen kita hanya perlu mendesain komponen tersebut didalam aplikasi dan selanjutnya dicetak menggunakan printing tiga dimensi. Permasalahan guru dan siswa SMK otomotif yang membutuhkan komponen otomotif yang langka dapat diantisipasi dengan penggunaan printing tiga dimensi. Alat printing tiga dimensi mampu membuat komponen sesuai dengan kebutuhan dari guru dan siswa. Sehingga guru dan siswa otomotif memerlukan pengetahuan dan pelatihan mengenai printing tiga dimensi beserta cara pembuatan komponen dengan alat printing tiga dimensi. Sehingga pelatihan printing tiga dimensi sangat bermanfaat bagi siswa dan guru. Tempat pelaksanaan pelatihan dilakukan di Laboratorium Politeknik Indonusa Surakarta. Waktu pelaksanaan pelatihan adalah tanggal 3 November 2018. Peserta pelatihan yaitu guru dan siswa SMK se-karisidenan Surakarta, dengan jumlah guru 12 dan siswa sebanyak 10 siswa dari SMK-SMK di wilayah Surakarta. Pelatihan dilakukan dengan metode penyampaian materi serta pelatihan dan diskusi. Hasil pelaksanaan pelatihan ini yaitu peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai software untuk desain 3 Dimensi yang gratis untuk dunia pendidikan. Peserta juga mendapatkan keterampilan membuat desain 3 Dimensi dalam aplikasi Autodesk Fusion 360. Serta keterampilan yang diperoleh oleh peserta yaitu keterampilan pembuatan desain 3 dimensi sekaligus melakukan cetak desain yang dibuat menjadi benda yang nyata dalam bentuk 3 dimensi.

 

Kata kunci: 3D; printing; pelatihan; guru.

 

Abstract

One technology that is currently being used by the community to produce components is to print three dimensions. Printing three dimensions into a tool makes automotive components from three-dimensional design a real component. The usefulness of this 3-dimensional printing tool is very large, when a component is needed we only need to design the component in the application and then need to use three-dimensional printing. The problem of automotive vocational teachers and students who need automotive components that can be anticipated by using three-dimensional printing. Three-dimensional printing tools are able to make components according to the needs of the teacher and students. Related to automotive teachers and students, knowledge and training about three-dimensional printing is needed in how to make components with three-dimensional printing. Printing three-dimensional training is very beneficial for students and teachers. The place for conducting the training was conducted at the Indonusa Surakarta Polytechnic Laboratory. The time for the training is November 3, 2018. The trainees are vocational teachers and students from Surakarta residency, with 12 teachers and 10 students from Vocational Schools in the Surakarta region. The training was conducted with the method of delivering material and training and discussion. The results of the training are that trainees gain knowledge and insights about software for 3-dimensional design that is free for the world of education. Participants also obtained 3-dimensional design skills in the Autodesk Fusion 360 application. As well as the skills gained by participants, they were three-dimensional design skills to create designs that were made into real objects in 3-dimensional form.

 

Keywords: 3D; printing; training; teacher

Keywords


3D; printing, training, teacher

Full Text:

PDF

References


Anto. (2018). Norisanto.com. Norisanto.com, pp. 1–9, 09-Nov-2018.

Ahmadi, A. (2016). Menghaluskan hasil 3D Print. pp. 1–9, 2016.

Prasetyo, W. S. H. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset,†J. Tek. Ind., vol. 13, no. 1, p. 372.

Arthaya, B., & Fransiscus, E.H. (2015). E. Kemampuan, D. A. N. Kapasitas, P. Dalam, P. Modul, R. Dan, and B. A. B. I. Pendahuluan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan,†pp. 1–34, 2015.

Buncio, A. D. “3D Printing in the Construction Industry | VIATechnik,†2018.

Dewayana, T. S., Sugiarto, D., and Hetharia, D. (2012). Peluang dan Tantangan Industri Komponen Otomotif Indonesia, Pros. Semin., vol. 1, no. 2.

Fakhri, E. and Yufridawati. (2003). Relevansi Kompetensi dan Tingkat Daya Saing Lulusan SMK dalam Dunia Kerja ( Studi kasus pada SMK Teknik Otomotif di empat kabupaten / kota ), pp. 1–18, 2003.

Kemenperin, Industri Otomotif Ketergantungan Komponen Impor. pp. 3–5, 2018.

R. Indonesia, (2019). Solo. pp. 1–5.

Slameto, S., Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013. (2017). Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 5, no. 1, p. 1.

Tay, Y. W. D. et al. (2017). 3D printing trends in building and construction industry: a review. Virtual Phys. Prototyp., Vol. 12, no. 3, pp. 261–276.

Wattimena, R. M. (2019). Analisa Pembuatan Serbuk Tembaga Hasil Proses Electrorefining Metode Laboratorium, J. Politek. Negeri Semarang, pp. 1–5, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.1.1.83-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Community Services

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.