PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN SIKAP BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh orang tua dan sikap bahasa secara bersama sama terhadap kemampuan membaca pemahaman; (2) pengaruh pola asuh orang tua dan sikap bahasa, masing-masing terhadap kemampuan membaca pemahaman Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes objektif. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data pola asuh orang tuan dan sikap bahasa. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca pemahaman. Sampel penelitian ini berjumlah 69 orang, Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua, sikap bahasa, secara bersama sama terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 177 Jakarta sebesar 85,5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh terhadap kemampuan membaca sebesal 38,7%; sikap bahasa terhadap kemampuan membaca sebesar 10,2%
Keywords
kemampuan membaca pemahaman, pola asuh orang tua, sikap bahasa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.91-103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).