IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ASESMEN DIAGNOSTIK TEKS PUISI SMP NEGERI 12 SURAKARTA

Allika Fadiyah Hasna, Ani Rakhmawati

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang penting untuk menjawab kebutuhan setiap peserta didik yang berbeda dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan pengaruh asesmen diagnostik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia teks puisi kelas VIII di SMP Negeri 12 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan infroman peserta didik dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif pada perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi telah terbukti efektif dalam membantu peserta didik untuk memahami seluk-beluk dan estetika puisi, sehingga meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan. Dengan menggunakan asesmen diagnostik, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan unik peserta didik, memungkinkan perancangan rencana pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan minat mereka. Penelitian ini menekankan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi harus dilaksanakan dengan memperhatikan langkah-langkah seperti persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Differentiated learning is an important approach to address the different needs of each student in learning. This study aims to determine the implementation of differentiated learning and the influence of diagnostic assessment on the Indonesia language subject of poetry texts for class VIII at SMP Negeri 12 Surakarta. The type of research used is qualitative research with information from studens and Indonesia language teachers. The results of the study indicate that the implementation of differentiated learning has a positive impact on changes in student behavior in learning. Differentiated learning has been proven effective in helping students understand the intricacies and aesthetics of poetry, thereby improving their overall learning outcomes. By using diagnostic assessments, teachers can identify the unique needs and abilities of students, allowing the design of learning plans that are appropriate to their level of understanding and interests. This study emphasizes that the implementation of differentiated learning must be carried out by paying attention to steps such as preparation, implementation, and evaluation of learning.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi;Asesmen Diagnostik;Teks Puisi

References


Aditomo, A. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Astuti, R., Prayito, M. ., & Qibtiyah, Q. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.172

Dewi, D. P., Setyarum, A., & Nurmalisa, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Berbasis Flipbook 3D. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.1-10

Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Gusteti, M. U. ., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4450 - 4458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154

Kaswadi, K., & Setyaningsih, K. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Bahasa dalam Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII C SMPN 3 Surabaya melalui Model Pembelajaran Berdiferensiasi Konten. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(2), 15-29. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i2.4777

Maulani, B. I. G., Hardiana, H. ., & Jamaluddin, J. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2632–2637. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1728

Nurzakia, A., Sinaga, A., & Yusra, H. (2023). Implementasi Media Objek Langsung dalam Pembelajaran Menulis Puisi. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 76-82. https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i2.44549

Putri, D. F., Asriyani, W., & Supriatin, S. (2024, July). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Belanja Diksi di Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) (Vol. 2, No. 1, pp. 199-206).

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Savitri, N. P. W., & Juwana, I. D. P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13(2), 97-102. https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.6069

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Setiawan, Y., Kurnia, G. J., Soetedja, Z. S., & Taswadi, T. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Asesmen Diagnosis pada Pembelajaran Seni Rupa di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1584-1594. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5421

Simanjuntak, H. ., Manurung, R. ., & Simorangkir, C. D. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Kelas (VIII). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 894–904. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.531

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Suprayogi, M. N., & Lana, A. (2022). Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Wijaya, A. A., Dani, G., Nurhayatin, T., & Fitriani, R. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Peserta Didik Fase D SMP Negeri 1 Wanayasa. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 132-144.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 252-256. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.73-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).