PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PESERTA DIDIK KELAS 1

Amillatuz Zuhriah, Habibah Shofiyah Assyifa, Nabila Priyanka Chafsoh, Munawir Munawir, Khusnul Chotimah

Abstract


Dalam berkomunikasi diperlukan pengolahan gagasan yang baik untuk disampaikan kepada lawan bicaranya. Tindakan yang dapat dipilih guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik peserta didik dengan pemanfaatan media yang memikat, serta mudah dimengerti oleh peserta didik. Flash card dinilai menjadi salah satu media dengan kriteria tersebut, sehingga dapat memberi rangsangan dalam mengembangkan gagasan/informasi yang ada dalam media tersebut. Jenis metode penelitian adalah pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Penghimpunan data yang ada meliputi pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan tes berupa angket. Setelah itu, analisis data dengan pengujian coba homogenitas, normalitas, serta pengujian hipotesis. Dari hasil analisis penggunaan flashcard ini memperoleh pengaruh yang signifikan atas hasil kecerdasan linguistik dari peserta didik yang ditunjukkan dari rasio nilai pada tahapan pretest serta tahapan posttest didapati jika rerata penilaian tahapan posttest lebih baik daripada penilaian tahapan pretest. Media flash card dalam pembelajaran dapat membantu menaikkan kemampuan linguistik dari peserta didik pada kelas rendah, meliputi pengelolaan kata, penyusunan kalimat, beserta penambahan kosa kata yang dimiliki peserta didik. Dengan demikian, adanya pengaruh pemanfaatan dari media pembelajaran flash card atas kecerdasan linguistik peserta didik di kelas rendah.

In communication, it is essential to process good ideas in order to effectively convey them to the person you are speaking to. Teachers can develop students' linguistic intelligence by using media that are engaging and easy for students to understand. Flashcards are considered one such medium, as they meet these criteria and can stimulate the development of ideas and information. This research uses a pre-experimental design with a one-group pre-test post-test approach. Data collection methods include observations, documentation, and tests in the form of questionnaires. The data were then analyzed through homogeneity testing, normality testing, and hypothesis testing. The results of the analysis show that the use of flashcards has a significant impact on students' linguistic intelligence, as evidenced by the improved average scores from the pre-test to the post-test. Flashcard media in learning can enhance students' linguistic abilities in lower grades, including word management, sentence construction, and vocabulary expansion. Therefore, the use of flashcard learning media positively influences the linguistic intelligence of students in these grades.


Keywords


Flash Card; Kecerdasan Linguistik; Media

References


Agnes, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini melalui Media Flash Card di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Repository UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9005

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274–279. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Ardiyanti, A., Usman, M., & Bandu, I. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis dengan Media Flashcard (Studi Kasus pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya, 6(1), 176–186. https://doi.org/10.34050/jib.v6i1.4327

Aulia, T. Y., & Hasibuan, E. M. S. (2022). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rahmah Kecamatan Medan Johor. Jurnal MAKRIFAT, 6(2), 51–64.

Banggo, Y. M. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 74–78. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.74-78

Dewi, D. S., & Wilany, E. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Verbal dan Kemampuan Membaca. Jurnal Dimensi, 8(1), 187–197. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1859

Effi, E. C. N., & Maemonah, M. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di SDN Maguwoharjo 1. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 9(2), 63-73. https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7863

Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.566

Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.79-89

Ilham, M., Sari, D. D., Basrul, B., Sundana, L., Rahman, F., Yusra, Y., Akmal, N., Rahmiaty, R., Zulfikar, Z., & Fazila, S. (2023). Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Indria, A. (2020). Multiple Intellegences. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 3(1), 26–41. https://doi.org/10.31869/jkpu.v3i1.1968

Jamil, Z. A., & Putri, A. B. E. (2020). Evaluasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tunas Mulya Kota Jambi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 92–106. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10877

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).

Khosi’in, S. (2023). Studi Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga dengan Flash Card pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Elemantary School (JOES), 6(2), 148–157. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.5951

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Margaretha, L. (2020). Teori-Teori Belajar untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Early Childhood Research and Practice, 1(1), 8–15.

Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 60-68. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.106

Rahmawati, K. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. Basic Education, 5(3), 227-236.

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.

Ramlah, F., Mukminin, A., & Jannah, S. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik dan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 259-271.

Rerung, S., Sinring, A., & Zaidin, M. A. (2023). Pengaruh Metode Sas Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas Satu SD Negeri 1 Sopai Siswa Awal. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 65-73. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.65-73

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sari, M. N., & Fitriana, D. (2022). Ledakan Baru Pendidikan Islam: Bagaimana Kecerdasan Siswa Disiapkan Memasuki Era Society 5.0. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 1(1), 73-79. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.166

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriatin, T., & Rizkilillah, V. P. (2018). Teaching Vocabulary Using Flashcard. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(4), 479-485.

Tabiin, A. (2017). Penerapan Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada Anak Usia Dini. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 46-69. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1629

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9-18. https://doi.org/10.14421/goldenage.2019.43-02

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Widiyono, A., Hamidaturrohmah, H., Sutriyani, W., & Suroyya, S. (2022). Efektivitas Media Lompat Katak terhadap Kecerdasan Linguistik Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 176-188. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.176-188




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.80-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).