OPTIMALISASI PENINGKATAN PERILAKU DAN HASIL BELAJAR MATERI RANGKAIAN KONVERSI DA/AD MELALUI STRATEGI ‘BASO DISKO’
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adanya peningkatan perilaku siswa kelas XII TEI 2 SMK Negeri Kendal pada materi rangkaian konversi DA/AD menggunakan strategi “Baso Disko†(Baca soal Diskusi komunikasi). 2) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada materi rangkaian konversi DA/AD menggunakan Strategi Baso Disko bagi siswa kelas XII TEI 2 SMK Negeri 3 Kendal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksakan dalam dua siklus. Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya peningkatan perilaku siswa kelas XII TEI 2 SMK Negeri Kendal setelah belajar materi rangkaian konversi DA/AD menggunakan strategi Baso Disko. (2) Adanya peningkatan hasil belajar materi rangkaian konversi DA/AD menggunakan strategi Baso Disko bagi siswa kelas XII TEI 2 SMK Negeri 3 Kendal. Pada kondisi awal siswa yang tuntas hasil belajar rangkaian konversi DA/AD adalah 61% (KKM=75), pada kondisi akhir ketuntasan belajar aspek pengetahuan 33% pada siklus 1 menjadi 89% pada siklus 2 dan ketuntasan belajar aspek keterampilan 75% pada siklus 1 menjadi 100 % pada siklus 2.
Keywords
References
Damayanti dkk. 2013. Penerapan Model Diskusi Kelompok dengan Menggunakan Media Handout untuk Meningkatkan Aktifitas dan Kreativitas Siswa. Lampung: Universitas Lampung
Erwin Widiasworo.2015. 19 kiat Sukses Membangkitkan motivasi Belajar Peserta Didik., Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Idris H maeity.2015. Strategi Belajar yangmenyenangkan. Jakarta : Luxima Metro Media
Jamal Ma‟mur Asmani. 2011. 7 Tips Aplikasi PAikem. Yogyakarta: Diva Press.
Jamal Mak,mur Asmani. 2011. Tips Effektif Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi dalam dunia Pendidikan. Jogjakarata:Diva Press
Jamal Mak,mur Asmani. 2013. 7 Kompetensi Guru menyenangkan dan profesional. Jogjakarata:Power Books (IHDINA)
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Suharsimi Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sukatno. 2014. Penerapan Metode Presenstasi untuk meningkatkan Hasil belajar Batik tulis Dengan Menggunkan canting Tradisional siswa Kelas XI DPKT SMK Negeri 1 Pacitan Tahun Peljaran 2014/2015. Pacitan : SMKN 1 Pacitan
Rachmawati Tutik dkk.2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media
Willa Lukas. 2007. Teknik digital mikroprosessor dan mikrokomputer. Bandung: Informatika
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i3.17655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id