PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN READING TO MODELLING OF TEXT

Ida Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Penjelasan Narasumber dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi “Reading to Modelling of Text†dengan penerapan Model Pendekatan Pragmatik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Pada masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pendekatan Pragmatik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada aspek Reading tema “Modelling of Text†mengalami peningkatan hasil prestasi belajar maupun aktivitas belajar siswa. Adapun hasil Belajar siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan pada tiap siklusnya: Hasil awal menunjukkan skor rata-rata 59,43; pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 71,67; dan Hasil siklus II naik menjadi skor rata-rata: 84,17. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu sumber referensi dan menjadi sumbangsih untuk penelitian tindakan kelas semua pelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris.

Keywords


Pendekatan Pragmatik, Reading To Modelling of Text

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles: (An Interactive Approach to. Language Pedagogy) 2nd ed. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga, `Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Henry Guntur tarigan. 1983. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa, Angkasa, bandung.

Kustaryo. 1988. Teknik Membaca untuk Pelajar, Depdikbud, Jakarta.

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung. Pinnell, Gay Su. & Matlin, Myna L. (1989). Teachers and Research Language Learning in the Classroom. International Reading Association, Newark, DE. [Washington, D.C.: Distributed by ERIC Clearinghouse

Poerwadarminta. 1976. Kamus Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Ruseffendi, ET. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran untuk Meningkatkan CBSA, Tarsito, Bandung.

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Bina Aksara, Jakarta.

Sutama. 2007. Prinsp Dasar Penelitian Tindakan Kelas, Pend. Mat. FKIP UMS. Team Penyusun MGMP. tt. Buku Ajar Bahasa Inggris, Semester Ganjil untuk SMP/MTS, Kelas IX, Penerbit Putra Kertonatan, Surakarta, Jawa Tengah.

Wasty Soemanto. 1987. Psikologi Pendidikan, Angkasa Baru, Bandung.

Zahorik, J., Halbach, A., Ehrle, K. and Molnar, A. (2004). Teaching Practices for Smaller Classes. Educational leadership: journal of the Department of Supervision and Curriculum Development, N.E.A 61(1):75-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i3.17662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id