PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TEKANAN HIDROSTATIS DI KELAS VIII SMP TERPADU AL-CHODIDJAH TEBUIRENG JOMBANG

Arina Manasikhana, Nur Hayati

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh pendidik di SMP Terpadu Al Chodidijah merupakan SMP baru, yang dibuka pada tahun 2017. Disana belum ada ruang laboratorium dan belum ada peralatan yang lengkap. Sehingga peneliti perlu mengembangkan alat peraga yang mampu menunjukkan konsep materi tekanan hidrostatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran sebagai alat peraga materi tekanan hidrostatis dan untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran sebagai alat peraga materi tekanan hidrostatis. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang diadaptasi dari Sugiyono, terdiri dari 7 tahap. Hasil dari pengembangan alat peraga ini adalah 1)proses pengembangan alat peraga tekanan hidrostatis yaitu tekanan zat cair dan hukum pascal dengan menggunakan model R&D melalui 5 tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, produk, validasi oleh para ahli, dan revisi tahap I, 2)memiliki tingkat kelayakan rata-rata sebesar 89,09% dengan kategori sangat valid.

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabet : Bandung. hal 22

Wisudawati dan Sulistyowati, 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara

Maliasih dkk. (2015). Pengembangan alat peraga kit hidrostatis untuk meningkatkan pemahaman konsep tekanan zat cair pada siswa SMP, vol. 4 (3). doi: 2252-6935. hal 52-53

Allo dkk. (2015), Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model Guided Discovery Learning menggunakan alat sederhana untuk mereduksi miskonsepsi siswa sma pada materi fluida statis. Vol. 5, no. 1 doi: 2089-1776. hal 770

Maharani Meyrika dkk. (2017). Pengembangan alat peraga pada materi usaha dan energi untuk melatihkan keterampilan proses sains melalui model iquiry discovery learning (idl terbimbing), vol 5 no.3. hal 352

Hani Suraimah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sebagai Alat Peraga Penerapan Konsep Hukum Pascal Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Halaman 46

Sarazwati, dkk. (2019). Pembuktian Hukum Pascal Dengan Merancang Alat Peraga Sederhana Pompa Hidrolik. Doi: 10.30998/psdpnf.v2i1.226. hal 160




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.20946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id