Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan pada Pembelajaran Menulis Siswa Kelas 1 SD N 1 Bulung Cangkring
Abstract
Artikel ini membahas bagaimana guru di SD N 1 Bulung Cangkring berupaya mengatasi kesulitan menulis siswa kelas I. Penelitian menggunakan metode analisis kasus dengan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan deskripsi deskriptif dari upaya-upaya tersebut. Sumber data utama adalah guru bersertifikat yang telah atau sedang membimbing anak-anak yang mengalami kesulitan menulis. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik triangulasi informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, kuesioner juga diterapkan melalui aplikasi Google Form sebagai alat untuk mengumpulkan informasi.
Full Text:
PDFReferences
Apriliyani, F. D., Salamah, R. A., Amalia, F. P., & Sari, F. W. (2023). Studi Kasus Kesulitan Membaca Dan Upaya Guru Dalam Mengatasinya Pada Peserta Didik Kelas Iv B Sdn Demaan Jepara. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.35
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Endang, S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek Melalui Penugasan di Aplikasi LMS. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1367–1376. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4240
La Rakima, H., & Wulandari, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Bimbingan Belajar Dari Rumah Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelompok B TK Lolena Kecematan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4395
Mazidah, N., & Khamim Zarkasih Putro. (2023). Pengenalan Huruf Abjad Melalui Tutur Bahasa pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 145–149. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1953
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Saputri, N. I. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. Skripsi, 1(4), 2008–2010.
Setyowati, A. (2019). Peran Guru dalam Membimbing Kesulitan Belajar Menulis pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri 1 Glagahwangi. http://eprints.ums.ac.id/75686/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Sihombing, V. I. C., Rahman, R., & Damaianti, V. S. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Disgrafia (Kesulitan Menulis) Pada Siswa Kelas Rendah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 790. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8342
Zainab, I., Jaya, G. B., & Artini, L. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing. 1, 60–68.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.34727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id