Pendidikan Karakter Membangun Peserta Didik Yang Cerdas Dan Berkarakter Di Era Revolusi Industry 4.0

Siti Khopipatu Salisah, Astuti Darmiyanti, Yadi Fahmi Arifudin

Abstract


Rendahnya literasi digital peserta didik pada abad 21 mengakibatkan hasil belajar formatif pada pembelajaran IPAS yang tidak sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Rendahnya hasil belajar formatif diakibatkan karena siswa kurang semangat dalam pembelajaran IPAS, untuk mengatasi permasalahan dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penggunaan Media Edugames berbasis Articulate Storyline 3 dianggap sebagai salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan  karakteristik peserta didik pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian adalah untuk mengaplikasikan penerapan edugames. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah R&D. Metode yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai sumber yang relevan sehingga memperoleh inti dari penelitian sebelumnya kemudian dianalisis. Subjek uji coba penelitian  adalah siswa kelas 4 SD Negeri 1 Gubug. Hasil dari penelitian  ini diperoleh hasil validator ahli media  1 dengan presentase 95% dan ahli media 2 dengan presentase 94%. Dan validator ahli materi dengan presentase 905% dan  ahli materi 2 dengan presentas 89%. Sehingga dapat disimpulkan Penerapan Media Edugame berbasis articulate story line  3  efektif dalam pembelajaran IPAS sehingga berpengaruh dalam meningkatkan literasi digital dan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dapat dibuktikan melalui tercapinya KKTM

Keywords


Pendidikan Karakter, Revolusi Industri, Edugames, IPAS

Full Text:

PDF

References


Amelia, Y. (2023). Konsep Belajar Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Karya Syaikh Az-Zarnuji Dan Hubungan Nya Dengan Pendidikan Islam. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 12(1), 44–53. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/806

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter Di Sekolah (T. Q. Media (ed.); Pertama). CV.Penerbit Qiara Media. qiaramedia.wordpress.com

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi (A. Saepulrohim (ed.); 5th ed.). Penerbit CV.Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Hendraman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenial (N. Nur (ed.); 2nd ed.). PT. Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter (solusi yang tepat untuk membangun bangsa). Indonesia Heritage Foundation.

Mulyadi, S., & Basuki, A. M. H. (2023). Pendidikan Karakter (Membangun generasi muda dan cerdas, berkarakter dan kompetitif di era revolusi industri 4.0) (Monalisa, Z. Abidin, & A. M. Ayuningsih (eds.); 1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada. www.rajagrafindo.co.id

Munawir, Damayanti, fina alfiana, & Pambayun, S. P. (2024). Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur’an. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.628

Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 180–186. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.37620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id