PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PADA APLIKASI OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UPGRIS Angkatan 2016-2019)

Syafitri Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan
penggunaan, kepercayaan, fitur layanan terhadap minat menggunakan fintech pada aplikasi ovo. Responden dalam penelitian ini adalah mahasisa/i Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang dengan total responden 252 mahasiswa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan data secara tidak langsung dengan menyebarkan kuesioner melalui media google form kepada seluruh mahasiswa Manajemen dari angkatan 2016-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan terhadap minat, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fitur layanan terhadap minat. Persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, fitur Layanan berpengaruh terhadap minat ovo secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar0,793 atau 79,3 persen. Hal ini menunjukkan bahwa variabel minat dapat dijelaskan oleh variabel persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, fitur layanan adalah sebesar 79,3 persen. Sedangkan sisanya
sebesar 0,207 atau 20,7 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, fitur layanan, minat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.