Kinerja Pelayanan Bus Rapid Transit Dalam Menunjang Kebutuhan Transportasi Perkotaan

Aringga Diky Dwi Candra, Abied Rizky Putra Muttaqien

Abstract


Abstrak

Kinerja pelayanan merupakan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh moda transportasi yang dapat dilihat dari faktor muat, waktu tempuh, waktu antara, dan kecepatan hingga tercapainya tingkat kepuasaan yang dirasakan oleh pengguna moda transportasi massal. Transportasi adalah moda pergerakan yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan angkutan umum bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan aktifitas sehari-hari. Angkutan umum merupakan suatu moda atau alat transportasi baik darat, laut dan atau udara yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dalam melakukan aktivitas dan pergerakan barang dan orang. Angkutan umum dalam perkembangannya tidak dapat dipisahkan dari sistem transportasi, bagi masyarakat pengguna angkutan umum belom banyak memiliki pilihan lain untuk melakukan aktifitas selain menggunakan angkutan umum. Bus Rapid Transit BRT adalah trasnportasi massal yang berbasis sistem transit yang memiliki kualitas tinggi dalam melakukan mobilitas pada daerah perkotaan dengan mengedepankan pelayanan yang aman, nyaman, dan harga terjangkau. Dalam mobilitasnya dan pelayanan BRT menggunakan sistem satu pintu dimana penumpang hanya dapat naik dan turun pada hante atau shalter yang disediakan oleh pengelola. Tujuan utama dalam penulisan artikel ini untuk mengetahui tingkat kepuasaan masyarakat dan kinerja pelayanan Bus Rapid Transit dalam menunjang transportasi di daerah perkotaan.

Kata Kunci: Kinerja Pelayanan, Bus Rapid Transit, Tingkat Kepuasaan Masyarakat

 

Abstrack

Service performance is the ability and potential possessed by modes of transportation which can be seen from the factors of load, travel time, time between, and speed until the level of satisfaction felt by users of mass transportation modes is achieved. Transportation is a mode of movement that is used to meet the needs of public transportation for the community to carry out their daily activities. Public transportation is a mode or means of transportation either by land, sea and/or air which functions to meet the mobility needs of the community in carrying out activities and the movement of goods and people. Public transportation in its development cannot be separated from the transportation system, for people who use public transportation do not have many other options to carry out activities other than using public transportation. Bus Rapid Transit BRT is a transit system-based mass transportation that has high quality in carrying out mobility in urban areas by prioritizing safe, comfortable and affordable services. In its mobility and BRT services use a one-door system where passengers can only go up and down at the bus stops or shelters provided by the manager. The main objective in writing this article is to determine the level of community satisfaction and the performance of Bus Rapid Transit services in supporting transportation in urban areas.

Keywords: Rapid Transit Bus Service Performance, Community Satisfaction Level


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jkr.v4i2.36783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.