Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penyelesaian Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open-Ended

Adelia Febby Indriana, Dyana Wijayanti, Nila Ubaidah

Abstract


Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil dalam menyelesaikan soal open ended materi aritmatika sosial. Pengambilan subyek dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian meliputi 6 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil. Penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil sebagai berikut: (1) siswa dengan kemampuan matematis tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir yang sangat kreatif (TKBK 4) dalam menyelesaikan soal open ended; (2) siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kreatif (TKBK 3) dalam menyelesaikan soal open ended, dan; (3) siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kurang kreatif (TKBK 1) dalam menyelesaikan soal open ended. Dengan demikian, siswa perlu dibiasakan menyelesaikan masalah-masalah terbuka yang memiliki banyak cara penyelesaian dan jawaban benar yang beragam sehingga kemampuan berpikir kreatifnya dapat berkembang

Full Text:

PDF

References


Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah

(Cetakan I; Iyan AR, ed.). Yogyakarta.

Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013.

Munandar, S. C. U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:

Rineka Cipta.

Nadhifah, A. A. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat. Universitas Islam

Sultan Agung Semarang.

Santoso, H. R. W., Novisita, Ratu & Yunianta, T. N. H. (2014). Deskripsi Tingkat

Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Pada Materi Segiempat Siswa Kelas

VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Satya Widya, 30(2),

Sihombing, A. S. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan

Kreativitas antara siswa yang mendapat Pembelajaran Penemuan

Terbimbing berbasis Masalah open-ended dengan pembelajaran ekspositori.

Universitas Negeri Medan.

Siswono, T. Y. E. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif

dalam Matematika. Jurnal (Online). Retrieved from

http://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom

Mathematics. Educational Research and Reviews, vol : 1, 548–553.

Retrieved from

http://www.academicjournals.org/article/article1379767432Siswono.pdf

Sugianto, Hayati, F. & J. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis Siswa SMP pada Materi Peramaan Garis Lurus. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 2(6), hal. 1678-1688.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran (cet. ke-2). Jakarta: Kencana

Prenada Media

Ubaidah, Nila & Maharani, H. R. (2015). Pembelajaran Matematika Pada Materi

Keliling dan Luas Persegi Panjang Dengan Metode Power Teaching. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, (1), Hal : 10




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.2.142-156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adelia Febby Indriana, Dyana Wijayanti, Nila Ubaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id