Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas V di SD 5 Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Muhammad Firhan Hananto, Deka Setiawan, Muhammad Noor Ahsin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala yang dirasakan pada saat pembelajaran daring serta mendeskripsikan strategi pembelajaran pada masa pandemi  di kelas V SD 5 Jekulo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni kendala  belajar selama pandemi diantaranya sulitnya mengoperasikan teknologi bagi guru, terbatasnya peran guru sebagai fasilitator pembelajaran online, kurang maksimalnya siswa menerima materi yang disampaikan, dan hilangnya kedisiplinan siswa dalam pembelajaran online. Selain itu, strategi pembelajaran online di masa pandemi dengan mengembangkan pengetahuan mengoperasikan teknologi seperti pelatihan sosial media untuk pembelajaran, menerapkan blended learning, memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang kesulitan, dan menekankan peran orang tua sebagai fasilitator pembelajaran daring.


Keywords


pembelajaran daring, masa pandemi

References


Amal, B. (2020). Pembelajaran Blended Learning melalui Whatsapp Group. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan., 3 (1): 700.

Andarwulan, T., Fajri, T. A. ., & Damayanti, G. (2021). Elementary Teachers’ Readiness toward the Online Learning Policy in the New Normal Era during Covid-19. International Journal of Instruction, 14(3), 782. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1304692.pdf

Ardianti, S., Sulisworo, D., Pramudya, Y. (2019). EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM EDUCATION BERBANTUAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI FLUIDA DINAMIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 240–246.

Asiba, W. P. (2021). Pentingnya Teknologi bagi Guru pada Masa Pandemi Covid-19.

Astini, N. K. . (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. . . Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Churiyah, M., Sholikhan, Filianti, & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 502.

Dewi, W. A. . (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Handika, D., Priyantp, W., Listyarini, I. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KENDALSARI PEMALANG. Jurnal DImensi Pendidikan, 7(2), 27–36.

Haqien, D. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Susunan Artikel Pendidikan., 5(1), 51-56.

Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118–128. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.118-128

Jamaluddin, D. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Calon Guru. LPPM UIN Sunan Gunung Djati, 1–10.

Nisa, F., Fathurrohman, I., Setiawan, D. (2021). KARAKTER KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK SDN 2 MURYOLOBO PADA MASA PEMBELAJARAN DARING. JIP: Jurnal INovasi Penelitian, 2(4), 1179–1185.

Pangodian, R.A., Santoso, P.I., Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).

Putri, R.S., E. al. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4185.

Qurrotaini, L., E. a. (2020). Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Sadikin, A., Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

Seage, S. J., & Türegün, M. (2020). The Effects of Blended Learning on STEM Achievement of Elementary School Students. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 139.

Sobron, A.N., Bayu, Rani, Meidawati, S. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUHDARING LEARNINGTERHADAP MINAT BELAJAR IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Syukur, A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200–210.

Unger, S., & Meiran, W. R. (2020). Student Attitudes Towards Online Education during the COVID-19 Viral Outbreak of 2020: Distance Learning in a Time of Social Distance. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 262.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.115-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id