UPAYA PENANAMAN NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KARYA SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Ma'as Shobirin

Abstract


Keberlangsungan pendidikan di Indonesia tengah dihadapkan pada situasi yang kurang baik. Berbagai ungkapan terlontar untuk mendeskripsikan betapa parahnya dekadensi moral siswa di negeri ini. Sudah sewajarnya apabila sebagian besar masyarakat menilai bahwa lembaga pendidikan di Indonesia kurang mampu membawa perubahan dalam pembentukan moralitas siswa. Sejatinya, pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui pembelajaran khususnya karya sastra yang begitu erat kaitannya dengan pendidikan nilai karakter. Tulisan ini mencoba menuangkan beberapa gagasan tentang bagaimana upaya dalam menanamkan nilai karakter bagi siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran karya sastra. Adapun yang dapat diupayakan antara lain melalui Puisi, drama, cerpen, novel dan pantun. Dengan demikian, nilai tersebut dapat menyentuh pada siswa dan berdampak pada perbaikan karakter dalam kehidupannya

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.5.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id