KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR CERITA TERPADU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cerita terpadu bagi kelas IV SDdan menentukan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini adalah kelas IV SDN 02 Sarirejo dengan peserta didik sejumlah 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 01 Mororejo dengan peserta didik sejumlah 42 peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain uji produk yang digunakan dalam penelitian pengembangan bahan ajar keterampilan membaca cerita terpadu bagi peserta didik kelas IV SD menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berkategori layak dan valid. Nilai rata-rata kelas eksperimen 81,55 dengan standar deviasi 10,061 lebih dari rata-rata kelas kontrol 74,33 dengan standar deviasi 10,794.Ketuntasan belajar kelas eksperimen sebanyak 82,5% sedangkan ketuntasan kelas kontrol 54,8%. Uji gain menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,50 dengan kriteria sedang. Hal ini disebabkan karena kelas eksperimen menggunakan bahan ajar cerita terpadu bagi kelas IV SD. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar cerita terpadu layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.1.01-08
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id