FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RESILIENSI REMAJA DI MASA PANDEMI

Wisnu Sri Hertinjung, Susatyo Yuwono, Partini Partini, Andira Koza Laksita, Annisa Ayu Ramandani, Shafira Sekar Kencana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi regulasi emosi, optimisme, dan dukungan keluarga  dengan  resiliensi siswa pada masa pandemi Covid-19. Faktor internal siswa berupa kemampuan mengelola emosi dan rasa optimis menghadapi situasi yang sulit dan memerlukan penyesuaian tinggi, serta faktor eksternal berupa dukungan keluarga, akan menumbuhkan jiwa resilien berupa ketangguhan menghadapi kesulitan dan tidak mudah menyerah. Hipotesis mayor yang diajukan terdapat hubungan antara  regulasi emosi, optimisme, dan dukungan keluarga dengan resiliensi. Terdapat 3 hipotesis minor, yaitu adanya hubungan positif antara regulasi emosi dengan resiliensi; hubungan positif antara optimisme dengan resiliensi; dan hubungan positif antara dukungan keluarga dengan resiliensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala regulasi emosi, skala optimisme, skala dukungan keluarga, dan skala resiliensi.  Populasi dalam penelitian  ini adalah siswa SMA dan SMK di Sukoharjo. Pemilihan subjek penelitian dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi regresi berganda. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang sangat signifikan antara regulasi emosi, optimisme, dan dukungan keluarga dengan resiliensi siswa (F=47,561; p<0,001). Uji hipotesis minor 1 diperoleh hasil r=0,607; p<0,001 artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara regulasi emosi dengan resiliensi, untuk variabel optimisme diperoleh nilai r=0,585;p<0,001 dan dapat dinyatakan terdapat korelasi positif yang sangat signifikan antara optimism dengan resiliensi, variabel dukungan keluarga menunjukan hasil r=0,431;p<0,001, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel dukungan keluarga dengan resiliensi. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan seluruhnya terbuktiAbstrak harus dibuat dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris.


Keywords


dukungan keluarga, regulasi emosi, remaja, resiliensi, optimisme

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chang, E., Michigan, U., Arbor, A., MI, & US. (2001). Optimism & pessimism: Implications for theory, research, and practice. Washington DC US: Washington, DC, US: American Psychological Association

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592

Grotberg, E. H. (Edith H., & Bernard van Leer Foundation. (1995). A guide to promoting resilience in children : strengthening the human spirit (Issue 8).

Hamidi, R. (2017). Hubungan Optimisme dan Resiliensi pada Mahasiswa yang Menempuh Skripsi. Jurnal Psikologi Muhammadiyah Malang, 1–23.

Helgeson, V. . (2012). The Psychology of Gender (S. Hartman (ed.); 4th editio). PEARSON.

Hurlock, E. B. (1972). Child Development McGraw-Hill series in psychology (Fifth Edition). McGraw-Hill Book Company, 1–495.

Irianto, M. A., Purwadi, & Yuzarion. (2019). Hubungan dukungan keluarga dan konsep diri dengan resiliensi mahasiswa fisioterapi yayasan angga binangun Yogyakarta.

Kemenkes. (2020). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Tahun 2020. Germas, 1–64.

Kustiaverawati, N., & Fitriani, N. (2021). Hubungan cemas dengan motivasi belajar dan resiliensi diri pada remaja Sekolah Menengah Atas Kelas X di Masa Pandemi Covid-19. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/92103

Leksono, A. S. (2018). PERBEDAAN REGULASI EMOSI DITINJAU DARI SISTEM PENDIDIKAN.

Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2020). Analisis Tingkat Ketangguahan Remaja Di SMA N5 Kota Jambi. Jambi Medical Journal, 9(JAMHESIC 2020). https://online-journal.unja.ac.id/kedokteran/article/download/12900/11013

Nugraheni, M. (2020). Remaja Alami Emosi Negatif Selama Pandemi, Orangtua Harus Lebih Peka. Dream.Co.Id. https://www.dream.co.id/fresh/remaja-alami-emosi-negatif-selama-pandemi-orangtua-harus-lebih-peka-2010272.html

Pahlevi, G. R., & Salve, H. R. (2018). Regulasi Emosi dan Resiliensi pada Mahasiswa Merantau yang Tinggal di Tempat Kos. Jurnal Psikologi, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2263

Rahmawati, L., Arneliwati, & Elita, V. (2015). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat depresi remaja di lembaga pemasyarakatan. Jom, 2.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life Hurdles. Brodway Books.

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1, 29–37.

Santrock, J. W. (2014). Adolescence Fifteenth Edition (Fifteenth). Mc Graw Hill.

Seligman, M. (1995). The Optimistic Child. North Sydney: Random House Australia Pty Ltd.

Scheier, M. F., Carver, C. S., & Bridges, M. W. (1994). Distinguishing optimism from neuroticism (and trait anxiety, self-mastery, and self-esteem): A reevaluation of the Life Orientation Test. Journal of Personality and Social Psychology, 67(6), 1063–1078. https://doi.org/10.1037/0022-3514.67.6.1063

Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J. S. (2012). Metode Penelitian dalam Psikologi (M. Masykur (ed.); 9th ed.). Salemba Humanika.

Shintia, & Maharani, W. (2021). Kemampuan Resiliensi Individu dalam Menghadapi Psychological Distress Siswa-Siswi SMA Jakarta di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 01(01), 5–24.

Stark, A. M., White, A. E., & Rotter, N. S. (2020). Shifting from survival to supporting resilience in children and families in the covid-19 pandemic: lessons for informing U.S. mental health priorities. Trauma psychology, 134.

Thompson, R. A. (2011). Emotion and emotion regulation: Two sides of the developing coin. Emotion Review, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.1177/1754073910380969

Zhang, C., Ye, M., Fu, Y., Yang, M., Luo, F., Yuan, J., & Tao, Q. (2020). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Adolescent Health, 14(4)(January), 747–755.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.17.2.60-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat