MAKNA KOMITMEN BAGI GURU HONORER SEKOLAH DASAR
Abstract
Guru honorer yang berkomitmen meskipun dengan pendapatan yang rendah, ketidakpastian status pengangkatan dan kondisi kerja yang belum memadai, memiliki keberagaman arti dalam memaknai komitmen, yang berpengaruh terhadap perilaku kerja guru. Tujuan penelitian ini yaitu memahami makna komitmen yang dimiliki guru honorer. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretative phenomenological analysis. Pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur kepada lima guru honorer dengan masa kerja tujuh hingga 14 tahun. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komitmen dimaknai sebagai bentuk adanya harapan menjadi aparatur sipil negara, upaya mempertahankan pekerjaan, bentuk pengabdian, dan sebagai wujud rasa cinta terhadap sekolah. Faktor positif memengaruhi keputusan guru untuk bertahan, namun faktor negatif tidak sampai memengaruhi keputusan bertahan, namun memengaruhi perilaku kerja guru. Berbagai makna komitmen menghasilkan beragam komponen komitmen, yang berpengaruh terhadap perilaku kerja guru. Guru yang memaknai komitmen sebagai wujud rasa cinta dan bentuk pengabdian umumnya melakukan usaha lebih dalam bekerja. Penelitian ini memberikan gambaran makna komitmen dan dampaknya terhadap perilaku kerja guru, sehingga dapat menjadi acuan bagi guru honorer dalam mempertahankan komitmen yang dimiliki, dan menjadi acuan bagi pihak sekolah serta dinas pendidikan dalam memerhatikan faktor yang meningkatkan komitmen guru.
Â
Kata kunci : Guru honorer, Komitmen organisasi, Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A., & Chisol, R. (2018). Rasa syukur kaitannya dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar. Proyeksi.13(2). 1-14. ISSN:1907-8455.
Atho’illah, A. Y. (2017). Mengapa guru madrasah bertahan? (Studi fenomenologi komitmen kerja guru di Lembaga Madrasah Diniyah dengan gaji dibawah upah minimum). Oeconomicus: Journal of Economics, 1 (2). 44-66.
Cahyani, R. D. (2019). Kejenuhan kerja (burnout) pada guru honorer di Kota Makassar. (Skripsi). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Calista, A. (2020). Komitmen guru honor SD Negeri terhadap kinerja guru di kota Sekayu (Pendekatan afektif, kontinu, dan normatif). Jurnal Adminika, 7(1). 132-150. ISSN: 2442-3343.
Ermaida (2020). Komitmen guru ditinjau dari motivasi berprestasi dan pegawasan kepala sekolah pada SD Negeri 04 Nanggaltarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1). 27-33.
Fehintola, V. A., Okpako, E.O., Fehintola, H.A. (2020). Psychological and job contextual predictors of work commitment among the polytechnic ibadan staffs, Nigeria. KIU Journal of Social Sciences, 6(4). 93-101. ISSN: 2413-9580.
Gunawan, H. (2019, 02 Desember). Digaji jauh lebih rendah dari PRT, guru honorer ini bikin usaha sendiri. Diakses pada 30 juni 2021, dari Tribunnews.com (https://www.tribunnews.com/regional/2019/12/02/digaji-jauh-lebih-rendah-dari-prt-guru-honorer-ini-bikin-usaha-sendiri).
Kahija, YF. L. (2017). Penelitian fenomenologis: Jalan memahami pengalaman hidup. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Kristanti, D., & Dewi S. (2015). Hubungan antara character strenght dengan komitmen organisasi pada guru honorer di SLB Negeri Cinta Asih Soreang. Prosiding Psikologi, 1(2). 212-219. ISSN: 2440-6448.
Luthans, F. (2011). Organizational behavior: An evidence – based approach. New York: McGraw-Hill.
McShane, S. L., & Glinow, V. (2010). Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for the real world. New York: cGraw-Hill/Irwin.
Megawanti, P. (2014). Hubungan budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan komitmen organisasi guru honorer. Jurnal Formatif, 3 (1). 26-38. ISSN: 2088-315X.
Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1991). A three-component conceptualization of organizational commitment. Human Resource Management Review, 1(1), 61–89. doi:10.1016/1053-4822(91)90011-z.
Ngiode, S. (2016). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru MTs.N Batuada Kabupaten Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2). 127-137.
Norhasanah., M., & Komalasari, S. (2020). Motif berprestasi dengan komitmen organisasi pada guru honorer di sekolah swasta. Jurnal Al-Husna, 1(2). 103-119. DOI: 10.1234/jah.v1i2.3682.
Putratama, A. Y., & Puspitadewi, N.W.S. (2021). Hubungan antara etos kerja dengan komiten organisasi karyawan PT X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9). 119 – 130.
Rahmawati, A. D,. & Mulyana, O. P. (2021). Hubungan antara perceived organizational support dengan komitmen organisasi pada guru SMA Negeri I Soko. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 08 (01). 23-35.
Ridho, S. & Syamsuri, R. (2018). Analisis pengaruh job insecurity dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel intervening terhadap intensi turn over. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 6(1). DOI: 10.36987/informatika.v6i1.739.
Rivai, H. A. (2013). Anteseden komitmen organisasional dan dampaknya terhadap kinerja tugas (job performance) guru. Jurnal Siasat Bisnis, 17(1). 1-16.
Shalihah, N. F. (2020). Daftar daerah yang sudah menetapkan UMK 2021, mana saja?. Diakses pada 19 Juni 2021 dari kompas.com ( http://www.kompas.com./tren/read/2020/12/30/193000965/daftar-daerah-yang-sudah-menetapkan-umk-2021-mana-saja-).
Sidabutar, S. M., Siburian, P., & Bintang, S. (2017). Pengaruh budaya organisasi, kepuasan kerja, dan motivasi berprestasi terhadap komitmen organisasi guru SMP Negeri Kecamatan Simanindo dan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 14 (3). 205-216. ISSN: 2502-7247.
Spector, P. E. (2012). Industrial and organizational psychology. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.
Triska, F., & Sukhirman I. (2013). Hubungan antara job insecurity dan komitmen organisasi pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Depok. Artikel. Depok: Universitas Indonesia.
Werang, B. R. (2018). Pengaruh keterampilan managerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap komitmen kerja guru sekolah dasar kristen di Kabupaten Boven Digoel. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, I, 5(2). 159-174. e-ISSN: 2527-7227.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.17.2.95-111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.