PIKIRAN POSITIF ALA NABI AYYUB AS
Abstract
Abstrak
Nabi Ayyub AS adalah seorang yang kaya raya, memiliki istri yang banyak dan juga anak. kemudian nabi Ayyub jatuh miskin dan kemudian ditimpakan penderitaan berupa sakit yang parah dalam waktu yang sangat lama. Dalam kondisi menderita, nabi Ayyub mengalami tiga kondisi sekaligus yaitu kesakitan, kesedihan dan kesendirian. Tiga kondisi yang dialami nabi Ayyub tidak merubah karakter nabi Ayyub seorang hamba yang taat, pemurah, penyanyang dan ikhlas dalam beribadah. Inilah bentuk lain dari optimisme yang ditunjukkan oleh nabi Ayyub. Tujuan penulisan adalah ingin  menjelaskan secara psikologis bentuk pikiran positif cara nabi Ayyub. Hasil kajian kritis menemukan bahwa pikiran positif ala nabi Ayyub adalah merubah prasangka buruk menjadi prasangka baik (su’uzan menjadi husnuzan), sabar dalam kesakitan, kesedihan, kesendirian, dan kebersyukuran
Â
abstract
The Pprophet Ayyub AS was a wealthy man, had many wives and children. then the prophet Ayyub fell poor and then inflicted suffering in the form of severe pain for a very long time. In a state of suffering, the prophet Ayyub experienced three conditions at once namely pain, sadness and solitude. The three conditions experienced by the prophet Ayyub did not change the character of the prophet Ayyub, an obedient, generous, merciful and sincere servant in worship. This is another form of optimism shown by the prophet Ayyub. The purpose of writing is to want to explain psychologically positive forms of thought in the manner of the prophet Ayyub. The results of a critical study found that the positive thoughts of the prophet Ayyub were to change bad prejudice into good prejudice (su'uzan to husnuzan), patience in pain, sadness, solitude, and gratitude
Â
Keyword: positive thoughts, Prophet Ayyub AS
Full Text:
PDFReferences
Adhwa’ Al-Bayan fii Iidhah Al-Qur’an bi Al-Qur’an. 1433 H/2012 M, Cetakan ketiga, tahun 1433 H. Syaikh Muhammad Al-Amin bin Muhammad Al-Mukhtar Asy-Syinqithi. Penerbit Dar ‘Alam Al-Fawaid
Al Qur;an Digital, https://tafsirweb.com/
Albery & Messer. 2005. Comparative Optimism About Health and Nonhealth Events in 8- and 9- Yeard-Old Children. Health Psychology. Volume 24/ No 3: Halaman 316 -320.
Al-Bidayah wa An-Nihayah. 1436 H/2015 M, Cetakan tahun. Al-Hafizh Ibnu Katsir. Penerbit Dar ‘Alam Al-Kutub
Al-Bidayah wa An-Nihayah. Cetakan tahun 1436 H. Al-Hafizh Ibnu Katsir. Penerbit Dar ‘Alam Al-Kutub
Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an. 1428 H/2007 M. Cetakan pertama, Muhammad bin Ahmad Al-Anshari Al-Qurthubi. Penerbit Darul Fikr
Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim. 1433 H/2012 M, Cetakan pertama, Yahya bin Syarf An-Nawawi. Penerbit Dar Ibnu Hazm
Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim. Cetakan pertama, Tahun 1433 H. Yahya bin Syarf An-Nawawi. Penerbit Dar Ibnu Hazm. 17:3-4
Amin bin Abdullah asyâ€Syaqawi, https://d1.islamhouse.com/data/id/ih_fatawa/single/id_Kisah_Nabi_Ayyub_as.pdf
An-Najjar, Amin, 2004, Ilmu Jiwa dalam Tasawuf, Studi Komparatif dengan Ilmu Jiwa Kontemporer. Jakarta: Pustaka Azam
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya; 2007, al-Jumanatul ‘Ali. Seuntai Mutiara Yang Maha Luhur. Jakarta: J-ART.
Elfiky, Ibrahim. 2015. Terapi Berpikir Positif :biarkan mukjizat dalam diri anda melesat agar hidup lebih sukses dan lebih bahagia, Penerjemah: Khalifurrahman Fath &M. Taufik Daman. Jakarta : Zaman
Fransisco Jose Moreno, 1985, Agama Dan Akal Fikiran, terjemahan Indonesia oleh M. Amin Abdullah, Rajawali, Jakarta, 1985
Gulen, Muhammad Fetullah, (2014), As‟ilatu al-„Ashar al-Mu hayyirah, Islam Rahmatan Lil „Alamin: Menjawab Pertanyaan dan Kebutuhan Manusia. (terjemahan), Disunting oleh Hilman Subagyo & Muh. Iqbal Santosa. Cetakan Ketiga. Jakarta: Republika
Hamka, (2007), Falsafah Hidup, Jakarta: Pustaka Antara
Huzaimah Tahido Yanggo, 1997, Pengantar Perbandingan Mazhab, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, cet. ke-1
M. Quraish Shihab. 2000. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati
McCraty, R., & Childre, D. (2004). The gratefull heart: The psychophysiology of appreciation. In Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (Eds) The Psychology of Gratitude. New York: Oxford University Press
McCullouh, M. E. & Tsang, J-A. (2004). Parents of the virtues? The prosocial contours of gratitude. In Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (Eds) The Psychology of Gratitude. New York: Oxford University Press.
Mubarak Bakri, tt, file:///C:/Users/Acer/Downloads/322-Article%20Text-413-1-10-20180815.pdf
Najamuddin, 2018, Kesabaran Dan Kesehatan Mental Dalam Bimbingan Konseling Islam, Tasamuh: Jurnal Studi Islamvolume 10, Nomor 1, April 2018, Pp. 241-272
Nor Kandir, 2016, Al-Qur’an Sumber Segala Ilmu, Pustaka Syubab
Ratu Suntiah dan Ruslandi, 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kisah Nabi Ayub As., (Tafsir Q.S. Shad Ayat 41-44), Jurnal Perspektif Vol. 2 No. 1 Mei 2018 Page 53-71
Scheier, M. F. & Carver, C. S, 2002. Optimism Handbook of positive Psychology. New York: Oxford University Press
Scheier, M. F. & Carver, C. S. 2001, Optimism, Pesimism, And Self-Regulation: Implication for Theory, Research, and Practice. Journal of American Psychological Assosiation. 31 - 51.
Seligman, M. E., & Csikszentmihalyi, M. (2014). Positive psychology: An introduction (pp. 279-298). Springer Netherlands
Seligman, Martin. 2008. Menginstal Optimisme (edisi terjemahan). Translated by Budhy Yogapranata. 2008. Bandung: PT Karya Kita
Sukino, 2018, Konsep Sabar Dalam Al-Quran Dan Kontekstualisasinya Dalam Tujuan Hidup Manusia Melalui Pendidikan, Jurnal Ruhama Volume 1 No.1, Mei 2018
Tafsir Al-Baghawi (Ma’alim At-Tanzil). Cetakan kedua, tahun 1427 H. Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi. Penerbit Dar Thiybah
Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim. Cetakan pertama, tahun 1431 H. Al-Hafizh Ibnu Katsir. Penerbit Dar Ibnul Jauzi
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.15.1.22-34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.