Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Skincare Scarlett pada Mahasiswi di Unissula

Laila Irfatin, Abdurrohim Abdurrohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif pembelian skincare scarlett pada mahasiswi di Unissula. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswi S1 angkatan 2017-2020 di Unissula yang menggunakan skincare scarlett yang berjumlah 255. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua skala. Skala konformitas teman sebaya dari 22 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,992 dan skala perilaku konsumtif terdiri dari 13 aitem yang memiliki koefisien reliablitias 0,787. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil uji hipotesis yang diperoleh menunjukkan bahwa rxy = 0,584 dengan taraf signifikasi 0,000 (p < 0,01), artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif pembelian skincare scarlett pada mahasiswi di Unissula. berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Variabel konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 34,1% pada variabel perilaku konsumtif, sedangkan 69,9% variabel perilaku konsumtif dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. 

Kata kunci: perilaku konsumtif, konformitas teman sebaya


Full Text:

download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v3i0.18884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.