UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI VIDEO ANIMASI DENGAN KARAKTER LOOMIE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 KARANGRANDU
Abstract
Numerasi menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik di era abad 21 ini. Kemampuan numerasi sangat diperlukan dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik melalui pemberian pendampingan pembelajaran menggunakan media berbasis video animasi dengan karakter Loomie pada peserta didik kelas IV SDN 3 Karangrandu. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi peserta didik yang diketahui dari hasil rata-rata pada post-test siklus I dan siklus II pada materi KPK dan FPB yang menerapkan pendampingan pembelajaran menggunakan video animasi dengan karakter loomie. Nilai rata-rata dari pretest yaitu 13,5. Hasil rata-rata nilai siklus 1 yaitu 63 maka belum menunjukkan hasil yang baik maka dilakukan siklus 2 dan mendapatkan rata-rata nilai 80. Nilai ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dari sebelum adanya pendampingan pembelajaran menggunakan media video animasi.
Kata kunci: kemampuan numerasi, media pembelajarann, video animasi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.