Hubungan Antara Celebrity Worship Terhadap Pembelian Impulsif Pada Produk Yang Diendorse Oleh Nct

Vanessa Putri Zulmi, Retno Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship terhadap pembelian impulsif pada produk yang diendorse oleh NCT. Populasi dalam penelitian ini yaitu penggemar NCT dengan rentang usia 18-25 tahun dengan sample sebanyak 390 responden. Metode pengambilan sample menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua skala. Skala pembelian impulsif berjumlah 12 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,815. Skala celebrity worship berjumlah 21 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,909. Analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R= -0,328 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ( p<0,05 ) yang artinya hipotesis penelitian ini tidak terbukti.

Keywords


pembelian impulsif, celebrity worship

Full Text:

PDF

References


Ananda, H. N., Arpandy, G. A., & Ariani, L. (2024). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Penggemar Pembeli Merchandise Jaemin NCT Dream. Jurnal Psikologi, 1(4), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2832

Arundati, N., Vania, A. A., & Arisanti, M. (2019). Perilaku Celebrity Worship Pada Anggota Fandom Exo Dalam Komunitas Exo-L Bandung. Komunikasi, 13(1), 53–72.

Asrie, N. D., & Misrawati, D. (2020). Celebrity Worship dan Impulsive Buying pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008

Immaculata, M. A., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Popularitas Brand Ambassador NCT 127 terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea oleh Konsumen. Prologia, 5(2), 261–266. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10169

Kamilla, W. F., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Popularitas Nct Dream sebagai Brand Ambassador dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Mie Lemonilo (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3701–3708. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.855

Lee, J. A., & Kacen, J. J. (2002). The Influence of Culture on Consumer Impulsive Buying Behavior. Cross-National Consumer Psychographics, 12(2), 163–176. https://doi.org/10.4324/9781315865294-6

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411–428. https://doi.org/10.1348/0007126042369794

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454

Muslimah, M. A. (2021). Hubungan Gender Dalam Celebrity Worship. 1–24.

Rojek, C. (2012). The Inflation of Celebrity and Its Consequences. In Bloomsbury Academic (Vol. 01).

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and No Thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.), 71–83. https://doi.org/10.1002/per.423

Wayan, N., Ayu, R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop. Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203–210.

Yang, C., Wang, Y. De, & Niu, H. J. (2008). The Effects of Idolatry and Personality Traits on Impulse Buying: An Empirical Study. International Journal of Management, 25(3), 633.

Yuliani, W. (2022). Hubungan antara Impulsive Buying dengan pembeli merchandise Kpop NCT (Neo Culture Technology). Indonesian Psychological Research, 4(2), 102–109. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.667

Zahra, N. N., & Wulandari, P. Y. (2021). Pengaruh Harga Diri dan Kesejahteraan Psikologis terhadap Celebrity Worship pada Dewasa Awal Penggemar K-pop. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 1115–1125. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28436


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat