MEMBANGUN MANAJEMEN MUTU DENGAN PRINSIP SIX SIGMA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL
Abstract
ABSTRAK
Perguruan tinggi agama Islam (PTAI) sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional tidak bisa melepaskan diri dari perubahan paradigma baru perguruan tinggi yang saat ini sedang gencar terjadi. Ada paradigma baru ini, kebijakan pengelolaan perguruan tinggi harus lebih terbuka, transparan, dan akuntabel. Saat ini PTAI menghadapi dua permasalahan serius, yakni kualitas lulusan yang dihasilkan dan sumbangan PTAI pada pengembangan ilmu keislaman. Pada konteks kualitas lulusan, kapasitas intelektual dan keilmuan para lulusan PTAI menunjukkan bahwa banyak dari para lulusan PTAI yang belum sanggup menjawab setiap permasalahan keagamaan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Masalah kedua di atas disebabkan karena geliat yang ada di dalam kampus saat ini lebih banyak yang bersifat politis daripada ilmiah. Selain itu, tradisi menulis karya ilmiah atau penelitian di kalangan kampus PTAI juga terkesan dipaksakan. Tulisan ini berupaya menwarkan gagasan untuk membangun Managemen Penjaminan Mutu dengan Prinsip Six Sgima pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) untuk Merespon Tantangan Nasional dan Global. Mengacu pada semangat paradigma baru Perguruan Tinggi dan problem yang dihadapi oleh PTAI ini, maka keberadaan jaminan mutu (quality assurance) di PTAI penting dilakukan. Selama ini, mayoritas PTAI tidak memiliki lembaga atau unit penjaminan mutu karena dua alasan. Pertama, khusus bagi PTAIN sebagai lembaga yang selalu disubsidi pemerintah, selama ini merupakan “anak manja†yang keberadaannya terjamin APBN, bagaimanapun kualitasnya. Kedua, sebagai akibat dari alasan pertama, pada umumnya pimpinan PTAI melihat proses penjaminan mutu sebagai tugas manajemen dirinya.
Â
Kata Kunci: Six Sigma, Manajemen Mutu, Penjaminan Mutu, Total Quality
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asari, H. (1994). Menyingkap Keemasan Zaman Islam: Kajian atas Lembaga-Lembaga Pendidikan (1st ed.). Bandung: Mizan.
Asikin, I. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 318–334.
Azizy, A. Q. (2003). Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman (1st ed.). Jakarta: Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Departemen Agama RI.
Azizy, A. Q. (2005). Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azizy, A. Q. (2007). Change Management dalam Reformasi Birokrasi (1st ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Azra, A. (2015). Genealogy of Indonesian Islamic Education: Roles in the Modernization of Muslim Society. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage (e-Journal), 4(1), 85–114.
Brue, G. (2005). Six Sigma for Managers (1st ed.). Jakarta: PT. Media Global Edukasi.
Bunyamin, & Alamsyah. (2016). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 203–220.
Cudney, E. A., Venuthurumilli, S. S. J., Materla, T., & Antony, J. (2018). Systematic Review of Lean and Six Sigma Approaches in Higher Education. Total Quality Management & Business Excellence, 1–14.
Davis, M., & Fifolt, M. (2018). Exploring Employee Perceptions of Six Sigma as a Change Management Program in Higher Education. Journal of Higher Education Policy and Management, 40(1), 81–93.
Dlugacz, Y. D. (2004). Six Sigma Adds New Dimension to Quality Management Processes. Journal for Healthcare Quality, 26(5), 2.
Elbadiansyah, D. (2017). Mutu Pendidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaaan: Dari Manajemen Kelembagaan Hingga Konstruksi Kurikulum Interrelasi. Muaddib: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 47–66.
Evans, J. R., & Lindsay, W. M. (2007). An Introduction to Six Sigma and Process Improvement: Pengantar Six Sigma (1st ed.). Jakarta: Thomson South-Western Salemba Empat.
Farhan, M. (2018). Formulasi Kode Etik Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 85–96.
Geneen, H. S. (2012). The Power of Six Sigma. In R. M. Penna & K. Berger (Eds.), The Nonprofit Outcomes Toolbox (1st ed., pp. 209–240). Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc.
George, M. L., Blackwell, D. K., & Rajan, D. (2019). Lean Six Sigma in the Age of Artificial Intelligence: Harnessing the Power of the Fourth Industrial Revolution eBook: (M. L. George, Ed.) (1st ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Gupta, P. (2015). Total Quality Management Using Lean Six Sigma. In A. Tarantino & D. Cernauskas (Eds.), Risk Management in Finance (1st ed., pp. 27–36). Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc.
Gupta, S. K., Antony, J., Lacher, F., & Douglas, J. (2018). Lean Six Sigma for reducing student dropouts in higher education – an exploratory study. Total Quality Management & Business Excellence, 1–16.
Harahap, S. (1998). Perguruan Tinggi Islam di era Globalisasi (1st ed.). Yogyakarta: Tiara Wcana.
Kerzner, H. (2018). Project Management Best Practices: Achieving Global Excellence. (H. Kerzner, Ed.) (4th ed.). New York: Wiley.
Kodrat, D. (2018). Urgensi Perubahan Pola Pikir dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), 1–6.
Laureani, A., & Antony, J. (2018). Leadership: A Critical Success Factor for the Effective Implementation of Lean Six Sigma. Total Quality Management & Business Excellence, 29(5–6), 502–523.
Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2018). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153.
Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik dalam Perspektif Mohammad Natsir (Studi Analitis Pemikiran Pendidikan M. Natsir dalam “Fiqhud Dakwahâ€). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 39–46.
McMunigal, J. E., & Barry Bebb, H. (2015). Design for Six Sigma: A Mandate for Competitiveness. In M. Kutz (Ed.), Mechanical Engineers’ Handbook (1st ed., pp. 1–30). Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc.
Mochtar, A. (2001). Membedah Diskursus Pendidikan Islam (1st ed.). Yogyakarta: Kalimah.
Montgomery, D. (2017). Lean Six Sigma in Higher Education. Quality and Reliability Engineering International, 33(5), 935–936.
Musnandar, A. (2013). Implementasi Manajemen Strategi dalam Pengembangan Budaya Organisasi pada Perguruan Tinggi Islam Studi Kasus di UIN Maliki Malang. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 14(1), 57–83.
Pande, P., & Holpp, L. (2005). What is Six Sigma: Berpikir Cepat Six Sigma (2nd ed.). Yogyakarta: Andi.
Pande, P. S., Neuman, R. P., & Cavanagh, R. (2014). The Six Sigma Way: How to Maximize the Impact of Your Change and Improvement Efforts, Second edition eBook: (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Pyzdek, T., & Keller, P. A. (2018). The Six Sigma Handbook (5th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Syamsuddin, Samrin, S., & Alim, N. (2018). Manajemen Strategi dalam Penguatan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 11(2), 19–36.
Tompkins, J. (2005). Organization Theory and Public Management. Wadsworth, Cengage Learning.
UNESCO. (1998). World Declaration on Higher Education for the Twenty-First Century: Vision and Action Main provisions relating to right to education. New York.
Warisno, A. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten. Ri’ayah: Journal of Social and Religious, 3(02), 99–113.
Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. MediaTor: Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–10.
Zuckweiler, K. M. (2011). Teaching Six Sigma to Undergrads: A Simplified Real Project Approach. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 9(1), 137–142.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.