PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 3 CEPU MELALUI APLIKASI QUIPPER SCHOOL

Ida Munarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 3 Cepu pada masa pandemikCovid-19  dengan menggunakan media Quipper School.Penelitian ini juga menentukan  media yang tepat  untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode penelitian ini menggunakan Quasi experiment dengan bentuk kontrol grup pretes and postes design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cepu yang terdiri 8 kelas. Jumlah sampel adalah 31 siswa kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa melalui sample acak. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui apakah siswa sudah  mengenal dan menggunakan media quipper school sebagai pembelajaran alternatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis pretes dan postes menunjukan ada peningkatan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia dari nilai 62 meningkat menjadi 85 setelah menggunakan media Quipper School



Keywords


Kata Kunci : hasil belajar, media quipper school, pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.113-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).