ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya belajar siswa SMA Katolik Frateran Ndao kelas XI dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IX peminatan MIPA, Kelas IX peminatan IPS, kelas IX peminatan bahasa dan budaya sebanyak 243 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner gaya belajar yakni gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik, serta pedoman wawancara. Angket gaya belajar yang diberikan kepada siswa berupa pertanyaan dengan jumlah total 30 item. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu analisis sebelum lapangan, analisis selama dilapangan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, serta analisis. Hasil penelitian gaya belajar siswa SMAK Frateran Ndao pada mata pelajaran Bahasa Indonesis didominasi pada gaya belajar kinestetik sebesar 41,44%, selanjutnya gaya belajar audiotorial 28,81%, dan gaya belajar visual sebesar 26,75%. Jadi dapat disimpulkan sebagai berikut gaya belajar yang menonjol adalah gaya belajar kinestetik.
Keywords
Gaya Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.74-78
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).