Partisipasi Orang Tua melalui Penerapan Home Literasi Enviroment sebagai Upaya Membangun Budaya Literasi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19
Septina Sulistyaningrum
Abstract
Pengetahuan dan pemahaman mengenai home literasi enviroment atau lingkungan literasi di rumah perlu dikuasai oleh orang tua mengingat bahwa lingkungan literasi di rumah akan berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam membaca dan menulis. Apalagi pada masa pandemi ini anak-anak diharuskan belajar dari rumah dan orang tua merupakan fasilitator yang utama pada kegiatan belajar anak. Anak-anak akan mengalami kesulitan belajar membaca di Sekolah Dasar (SD) jika mereka memiliki keterampilan verbal yang kurang, kesadaran fonologi yang kurang, pengetahuan huruf yang kurang, dan kurang mengenal tujuan dasar dan mekanisme dari membaca. Hal tersebut dikarenakan partisipasi orang tua sangat kurang dalam menciptakan lingkungan literasi di rumah. Kemampuan membaca dan menulis pada anak-anak tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada guru di sekolah. Oleh karena itu perlu adanya partisipasi orang tua melalui dalam penerapan home literasi enviroment sebagai upaya membangun budaya literasi anak pada masa pandemi Covid-19.