KESESUAIAN MATERI APRESIASI SASTRA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013

Meina Febriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesesuaian materi apresiasi sastra pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 (Revisi 2016) tingkat SMP. Keberadaan buku ajar atau buku teks Bahasa Indonesia tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Perubahan kurikulum yang dilakukan selama ini berdampak langsung pada buku teks. Pada saat ini masih ditemukan materi yang tidak sesuai dengan standar isi pada kurikulum yang berlaku, meski buku teks tersebut diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Salah satu materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni apresiasi sastra.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis adalah buku teks bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 (edisi revisi).  Sumber data berupa wacana tertulis dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Data dikumpulkan melui teknik utama studi dokumen. Dokumen berupa (1) buku teks Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2016, (2) Standar Isi Kurikulum 2013 edisi revisi 2016, dan (3) dokumen lain yang mendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseuaian materi apresiasi sastra (puisi, prosa, dan drama) memperoleh kriteria “kurang†dengan nilai rerata 2,86 (skala 0-4). Beberapa hal yang menjadi temuan kekurangan tersebut antara lain: (1) penjabaran materi yang tidak lengkap dari indikator yang dikembangkan, (2) penjabaran materi tidak sesuai indikator, (3) ketidakkonsistenan contoh penjelas dengan konsep yang disampaikan, (4) kegiatan yang dilakukan tidak sesuai indikator, dan (5) beberapa bagian tidak ada contoh penjelas. 


Keywords


pembelajaran apresiasi sastra, buku teks Bahasa Indonesia SMP, Kurikulum 2013



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.123-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).