UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS P5 MELALUI SENI TEATER DI SMPN
Abstract
Pendidikan memegang peranan krusial dalam pengembangan potensi, kompetensi, dan karakter bangsa. Di tengah arus globalisasi, pelestarian kearifan lokal menjadi penting untuk menjaga identitas bangsa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Kearifan Lokal melalui pertunjukan teater tradisional ketoprak dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Jambu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pergelaran ketoprak dalam P5 berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila, melalui penanaman nilai-nilai potensi diri, peningkatan kemampuan, pemberdayaan diri, pemahaman budaya, dan peran sosial. Kegiatan ini juga menanamkan nilai-nilai positif yang berkontribusi pada kemajuan peradaban serta mengembangkan akhlak mulia dan moralitas terpuji. Kesimpulannya, Kurikulum Merdeka membuka peluang emas untuk melestarikan kearifan lokal melalui P5, seperti yang diimplementasikan di SMP Negeri 1 Jambu melalui kegiatan ketoprak, yang terbukti mampu meningkatkan mutu pembelajaran dan membentuk karakter peserta didik.
Education plays a crucial role in developing the nation's potential, competence, and character. Amidst globalization, preserving local wisdom is essential to maintain national identity. This study aims to describe the role of the Strengthening Project of Pancasila Student Profile (P5) with the theme of Local Wisdom through traditional Ketoprak theatrical performances in an effort to improve the quality of learning at SMP Negeri 1 Jambu. This research uses a descriptive qualitative method with data collection through interviews, observations, documentation, and field notes. The results show that the Ketoprak performance activities in P5 play an important role in shaping student character that aligns with the Pancasila Student Profile, through instilling values of self-potential, improving abilities, self-empowerment, cultural understanding, and social roles. This activity also instills positive values that contribute to the progress of civilization and develop noble character and commendable morality. In conclusion, the Independent Curriculum opens golden opportunities to preserve local wisdom through P5, as implemented at SMP Negeri 1 Jambu through Ketoprak activities, which has proven to improve the quality of learning and shape student character.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kurniasih, N., & Wakhudin, W. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah Dasar. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 80–90. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.1062
Nazarudin, A. (2023). Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Jepara dalam Proses Pembentukan Profil Pelajar Pancasila P5 di Kurikulum Merdeka SDN 01 Kendeng Sidialit. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 193-208. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.857
Purwanto, A. (2022). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori dan Contoh Praktis. NTB: Penerbit P4I.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rizqiyah, A. M., Setiana, L. N., Azizah, A., & Chamalah, E. (2024). Tipe Disfemisme pada Kanal Youtube Rocky Gerung Official Edisi Pemilu 2024. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 11-19. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.11-19
Satria, R. ., Adiprima, P. ., & Harjatanaya, K. S. W. T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76-87.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.106-113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).