KARAKTERISTIK PRESS RELEASE PRAKTISI PUBLIC RELATIONS HOTEL DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik press release praktisi public relations hotel di Yogyakarta. Seiring perkembangan IPTEK, industri perhotelan dituntut untuk terus berlomba agar dapat selalu memberikan citra yang positif di mata publiknya melalui aktivitas publisitas. Salah satu aktivitas publisitas yang dimiliki praktisi public relations adalah press release. Maka, baik antara hotel bintang empat dan lima tentu memperlihatkan adanya perbedaan dan persamaan yang dapat menimbulkan adanya karakteristik press release. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi kuantitatif dengan menganalisis 28 press release yang telah dituliskan oleh praktisi hotel bintang empat (Hotel Grand Quality dan Hotel Sahid Rich) dan lima (Hotel Melia Purosani dan Hotel Eastparc) selama periode November 2015 sampai April 2016 yang dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan adanya karakteristik dengan menghasilkan perbedaan dan persamaan pada press release antara hotel bintang empat dan lima.
Kata kunci: Karakteristik, press release, public relations, hotel
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.6.1.60-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â