TESAURUS SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA

Dilah Kencono, Fransiska Wiratikusuma

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi tingkat pendidikan wajib belajar sembilan tahun merupakan proses pembelajaran yang mendasar dan penting bagi pemelajar penutur jati dalam mengenal, menggali dan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia. Untuk mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan wajib belajar sembilan tahun, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama, dibutuhkan sarana pendukung pembelajaran kosakata bahasa Indonesia, salah satunya dengan menggunakan tesaurus bahasa Indonesia. Sejauh ini, tesaurus sebagai sarana pendukung pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia masih belum dikenal secara dekat oleh pemelajar bahasa Indonesia. Tesaurus yang disusun secara tematik berdasarkan sinonim dan antonim suatu kata dapat menjadi sarana pendukung dalam pembelajaran kosakata dengan memberikan referensi dalam penelusuran kosakata yang saling berkaitan. 




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.10.1.13-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).