TESAURUS SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA
Dilah Kencono, Fransiska Wiratikusuma
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi tingkat pendidikan wajib belajar sembilan tahun merupakan proses pembelajaran yang mendasar dan penting bagi pemelajar penutur jati dalam mengenal, menggali dan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia. Untuk mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan wajib belajar sembilan tahun, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama, dibutuhkan sarana pendukung pembelajaran kosakata bahasa Indonesia, salah satunya dengan menggunakan tesaurus bahasa Indonesia. Sejauh ini, tesaurus sebagai sarana pendukung pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia masih belum dikenal secara dekat oleh pemelajar bahasa Indonesia. Tesaurus yang disusun secara tematik berdasarkan sinonim dan antonim suatu kata dapat menjadi sarana pendukung dalam pembelajaran kosakata dengan memberikan referensi dalam penelusuran kosakata yang saling berkaitan.Â